contact

fitrihantrini@gmail.com | 0858-0538-2977

Content

pinhole camera

Kamera lubang jarum adalah sebuah kamera sederhana yang tanpa menggunakan lensa dalam pengambolan gambar, tapi menggunakan bukaan kecil yang dilubangi dengan jarum. Jika ingin membuat kamera lubang jarum, bisa mencari tutorial dan penjelasannya yang banyak sekali di google dan youtube. Namun disini V3 menggunakan kamera DSLR dan menggunakan kertas yang dilubangi sebagai pengganti lensa. Bisa juga menggunakan bodycap dan bisa mencari tutorialnya di youtube dengan kata kunci (pinhole using dslr).
Jika ingjn tau pinhole lebih lengkapnya bisa di cek di https://en.m.wikipedia.org/wiki/Pinhole_camera

Menurut hasil pemahaman dan praktek V3, kamera lubang jarum (lebih tepatnya sih bukan kubikin dengan jarum karena hanya menggunakan kertas karton yang dilubangi dengan pulpen, sehingga lubang atau bukaan nya lumayan gede), ini mudah dilakukan. Dapat disimpulkan :
Bahwa bentuk lubang mempengaruhi hasil foto yang dihasilkan. Lubang bulat, bokeh bulat, lubang wajik, bokeh wajik. Jika lubang jauh dari sensor, hasil foto seperti lensa tele. Jika lubang dekat dengan sensor, hasil foto seperti lensa standar (berhubunga focal lenght).
Semakin kecil lubang, semakin luas ruang tajam ( DOF) dan rana semakin lama.  Semakin besar lubang, DOF semakin sempit, rana semakin cepat.
Jika bahan yang digunakan utk pengganti lensa (pinhole) itu silver, hasil foto akan seperti silau, jika kertas, hasilnya akan seperti berembun, kalo pakai plastik berwarna, hasilnya sesuai dengan warna tutupnya. Karena itu paling pas jika kita menggunakan body cap kamera. Jika sayang menggunakan yang ori, sebaiknya beli saja yang kw karena akan dilubangi.
Let's try! Learning by Doing.
Diberdayakan oleh Blogger.