contact

fitrihantrini@gmail.com | 0858-0538-2977

Content

mirrorless


Mirrorless
This about mirrorless https://milcsystem.wordpress.com
Jadi kamera mirrorless ini disebut begitu karena tidak ada nya cermin baik di depan sensor dan di dekat view finder, karena dia memakai elektronik viewfinder  sehingga jikalau menggukan viewfinder itu merupakan electeonik view finder. Jadi dengan menggunakan mirrorless, hasil apa yang kita lihat di lcd, itulah yang kita dapatkan.

Pertama, mirrorless tidak memiliki jendela bidik optik (OVF, optical viewfinder). Proses pembidikan gambar atau framing dilakukan lewat layar LCD atau jendela bidik elektronik (EVF, electronic viewfinder).

Cara kerja EVF sebenarnya sama dengan layar LCD, yakni menyalurkan gambar lewat sensor yang terus menerus aktif. Hanya saja penempatan dan ukurannya yang berbeda, yakni dibuat serupa jendela bidik optis untuk “dikeker” dengan sebelah mata.

EVF memiliki kelebihan dibanding OVF, misalnya pengguna bisa langsung melihat perubahan hasil exposure saat menyesuaikan paramenter seperti aperture, ISO, atau white balance. Bisa pula ditambahkan overlay aneka informasi berguna, seperti level indicator atau histogram untuk memandu exposure.

Kekurangannya, EVF lebih boros daya karena kamera harus senantiasa mengaktifkan sensor dan layar jendela bidik supaya pengguna bisa melihat gambar.

Pengguna DSLR bisa melihat obyek yang ada di depan lensa (Through The Lens, TTL) melalui OVF saat kamera sedang tidak dinyalakan. Ini karena mekanisme mirrorbox meneruskan cahaya dari lensa menuju pentaprisma, lalu viewfinder, tanpa harus mengenai sensor. 

Sebaliknya, EVF pada mirrorless akan tampak gelap gulita saat kamera tidak menyala. Jika kamera menyala dan sensor aktif, barulah gambar yang "dilihat" oleh lensa bisa ditampilkan di EVF mirrorless.

Sensor mirroless beragam ukutan. Jadi camera mirrorless itu seperti ukuran kamera prosumer tapi citarasa dslr. 
Diberdayakan oleh Blogger.