contact

fitrihantrini@gmail.com | 0858-0538-2977

Content

slr & dslr


Apakah kamera SLR atau DSLR itu? 
Kamera SLR adalah kepanjangan dari Single Lens Reflects yakni kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama (wikipedia).
Sederhananya , ketika fotografer melihat melalui view finder, objek yang terlihat olehnya sama dengan yang ditangkap oleh lensa.
Jadi, SLR adalah kamera yang masih menggunakan film sedangkan DSLR adalah kamera SLR digital yang menggunakan sensor. Untuk lebih tepatnya, behubung kita menggunan DSLR, mari kita memahami sistem kerja kamera DSLR ini.

Secara keseluruhan proses kerja kamera DSLR terjadi sangat singkat, namun agar mudah dipahami kita bagi menjadi 3 tahap yakni : 
1. Saat kita mengintip di lobang viewfinder dibelakang kamera, apapun yang terlihat adalah apa yang akan menjadi hasil akhir foto. Pantulan cahaya dari obyek foto masuk melewati lensa lalu menuju cermin pantul (2) yang kemudian memantulkan cahaya tersebut ke pentaprisma (7). Pentaprisma mengubah cahaya vertikal ke horisontal dengan mengarahkan cahaya menuju dua cermin terpisah, lalu masuk ke viewfinder-(8).
2. Saat kita memotret, cermin pantul/reflex mirror-(2) berayun keatas dan membiarkan cahaya terus maju dengan lurus. Shutter-(3) kemudian membuka sehingga cahaya tadi masuk ke sensor digital-(4). Shutter-(3) tetap akan terbuka selama waktu shutter speed yang ditentukan dan sensor-(4) akan terus merekan informasi cahaya. Kalau sudah selesai, maka reflex mirror-(2) akan kembali ke posisi awal sehingga cahaya dari lensa akan terpantul keatas dan kembali muncul di viewfinder.
3. Proses yang terjadi di sensor digital-(4) dimana gambar diolah oleh komputer (processor) didalam kamera. Processor akan mengambil informasi yang terekam di sensor, mengubahnya menjadi menjadi format yang sesuai lalu menuliskannya ke dalam memory card.
Diberdayakan oleh Blogger.